Selasa, 26 Januari 2010

Tips Mengajar Yang Menyenangkan

Menurut Anda, bagaimana mengajar bisa menyenangkan? Sering kali kita (sebagai dosen ataupun guru) melakukan hal – hal yang membuat proses belajar ini tidak lagi menarik. Padahal, kalau tidak menarik, pastinya kita bakalan males belajar (dan mengajar :) ).

Nah, dari pengamatan sekilas saya tadi pagi waktu ngajar (masih anget nih), berikut ini hal – hal yang seharusnya saya lakukan supaya membuat kuliah menyenangkan.


  • Pastikan bahwa Anda sendiri antusias, tertarik, senang dengan materi yang akan Anda bawakan. Saya selalu melakukan perubahan, penambahan, pembaruan pada materi kuliah saya, supaya saya sendiri menjadi tertarik dan bersemangat untuk membagikannya.
  • Jangan langsung masuk ke materi dong! Kebanyakan mahasiswa masih belum “ON” konsentrasinya. Sebagian masih agak ngantuk, sebagian lagi masih mikirin masalah yang di rumah, dll, dll. So, lebih baik mulai dengan menyapa mereka, kemudian ceritakan dengan santai hal – hal berguna yang bisa menarik minat dan perhatian mereka.
  • Setelah mahasiswa sudah pada bangun :) , mulailah dengan mereview kuliah terdahulu, jadi mereka mulai mengaitkan materi hari ini dengan yang kemarin. Baik jika meminta beberapa orang menceritakan dengan singkat isi kuliah kemarin.
  • Saat mulai masuk ke bahan baru, usahakan untuk “masuk ke dunia mereka” kemudian “mengajak mereka ke dunia Anda” (prinsip di Quantum Teaching). Ceritakan dulu analogi yang berhubungan dengan dunia mereka, barulah Anda jelaskan hal – hal yang rumit semudah mungkin..
  • Saat mahasiswa sudah mulai bosan dan mengantuk (Anda pasti bisa lihat bahasa tubuh mereka kan?), tidak ada salahnya Anda berikan waktu break, atau Anda ceritakan / tampilkan kisah – kisah lucu, dll. Kadang – kadang santai sejenak 5 menit sudah cukup untuk merefresh Anda dan mahasiswa.
  • Jika ada mahasiswa yang melanggar kesepakatan (datang melebihi jadwal yang ditetapkan, ramai, terima telepon di kelas), tanganilah dengan bijak. Bersikap tenang namun tegas. Jika Anda tidak tegas, maka mereka cenderung tidak menghargai Anda dan aturan di kelas. Namun jika Anda “terlalu tegas”, hal itu akan merusak emosi mereka (dan Anda), sehingga akan mengurangi kesenangan belajar yang telah Anda bangun.

Semoga berguna..

6 komentar:

  1. template your site is confusing me!!!
    sorry jack!

    BalasHapus
  2. Sipp thanks atas tambahn ilmunya..... :)

    BalasHapus
  3. wah berguna banget nih wat kami yang masih pemula......thanks yaaa tipsnya...!!!!

    BalasHapus
  4. thank atas infonya.,. semoga saya bisa melakukannya.,. :)

    BalasHapus